Friday, June 22, 2007

CINTA DI LINGKUNGAN KERJA






CINTA DI LINGKUNGAN KERJA
Kerja adalah rasa cinta yang terlibat
Kahlil GibranMengangkat kisah dari bukuChicken Soup for The Soul At Work
SARUNG TANGAN JESSIE
Tindakan yang baik dan penuh kasih sering kali sudah merupakan ganjaran tersendiri

Presensi Oleh : Zulfikar


Setiap tahun saya sering sekali menangani pelatihan manajemen untuk perusahaan Circle K, sebuah jaringan nasional toko serba ada. Diantara berbagai topik yang kami bicarakan dalam seminar itu adalah mempertahankan karyawan yang bermutu, suatu tantangan yang nyata bagi para manajer jika diperhitungkan besarnya upah dalam industri jasa. Pada sebuah diskusi, saya bertanya kepada peserta seminar, “ Apa yang menyebabkan anda betah bekerja demikian lama sampai berhasil menjadi manajer ?” Beberapa waktu yang lalu, seorang manajer baru berpikir agak lama sebelum menjawab pertanyaan itu, lalu dia menjawab dengan suara serak, sebuah sarung tangan bisbol yang harganya $ 19.”
Cintia bercerita kepada kelompoknya bahwa mula-mula di bekerja sebagai karyawati biasa di circkle K, pekerjaan itu hanya pekerjaan sementara selagi dia mencari pekerjaan lain yang lebih baik. Pada hari kedua atau ketiga, dia menerima telepon dari anak lelakinya yang baru berusia sembilan tahun, Jessie. Anak itu minta dibelikan sebuah sarung tangan bisbol untuk bisa bermain dalam little league (Kelompok Bisbol Junior). Cynthia menjelaskan dalam diskusi itu bahwa sebagai seorang ibu yang tak bersuami, anggaran belanjanya sangat ketat, dan uang gajinya yang pertama hanya cukup membayar semua utang belanjaannya. Mungkin dengan uang gajinya yang kedua atau yang ketiga barulah dia dapat membelikan sarung tangan bisbol untuk anaknya itu.

Ketika keesokan harinya Cinthya tiba di tempat kerjanya, patricia manajer toko, memintanya untuk ikut dengannya ke sebuah ruangan di belakang toko yang digunakan sebagai ruangan kantor. Cynthia bertanya dalam hati apakah dia telah berbuat salah atau apakah ada pekerjaan yang belum dituntaskannya kemarin. Dia gelisah dan bingung.
Patricia memberinya sebuah kotak. “Saya kebetulan mendengar percakapanmu dengan anakmu di telepon kemarin, “ katanya, “ dan saya tahu ada hal-hal yang sulit diterangkan pada anak kecil. Ini sarung tangan bisbol untuk Jessie. Dia mungkin belum mengerti bahwa dirinya sangat penting bagimu, meskipun kamu terpaksa harus mendahulukan membayar utang-utang berjalanmu sebelum bisa membelikan sarung tangan ini. Kamu tahu’kan, Cynthia perusahaan memang tidak bisa memberikan gaji yang cukup besar untuk karyawan baik seperti kamu, meskipun kami ingin sekali bisa melakukannya, tetapi perusahaan sesungguhnya memperhatikan karyawan seperti kamu, dan saya ingin kamu tahu bahwa kamu sangatlah penting bagi perusahaan.”
Kebijaksanaan, rasa kasih, dan cinta manajer toko serba ada ini memperlihatkan dengan jelas bahwa orang biasanya lebih mengingat seberapa besar perhatian majikan dan bukan seberapa besar majikan dapat memberikan gaji. Sungguh ini sebuah pelajaran penting yang jauh melebihi harga sebuah sarung tangam bisbol untuk Little league.



No comments: