Tuesday, July 10, 2007

MEMBUAT CHECKLIST SEBELUM CUTI ATAU TRAINNING

Membuat Checklist Sebelum Cuti Atau Trainning
Oleh : Zulfikar

Menyenangkan memang apabila kita akan cuti atau trainning, hal ini akan memberikan kebebasan atau kelonggaran dalam rutinitas bekerja, namun hal ini akan menjadi hal yang menyeramkan dan mengakibatkan turunnya kinerja perusahaan, dikarenakan adanya hal-hal yang bersifat teknis yang lupa dikerjakan. Ada beberapa alasan mengapa bisa turun kinerja perusahaan apabila ada satu karyawan tersebut mengambil cuti atau mendapatkan trainning.

Contohnya : Adalah departemen akutansidan keuangan biasanya di Departemen ini harus menyelesaikan pekerjaan dalam jangka waktu tertentu atau akhir bulan yang dikenal dengan tutup buku, nauh repotnya apabila ada satu orang pekerja yang mengambil cuti atau mendapatkan training pada akhir bulan, dan biasanya juga atasan tentu tidak akan memberikan fasilitas cuti dan trainning. Namun bagaimana ada hal-hal yang urgent seperti karyawan tersebut harus diberikan trainning pada akhir bulan, nah ribetkan....
Namun hal tersebut tentu tidak akan jadi persoalan jika kita memberikan suatu daftra pekerjaan sebelum kita mengambil trainning yang mungkin dapat anda terapkan :
  1. Buatlah checklis/ daftar pekerjaan yang akan anda selesaikan sebelum 5 hari anda akan mengambil cuti
  2. Diskusikanlah kepada atasan anda, perihal yang harus diselesaikan pada jangka waktu tertentu, biar atasan anda memberikan alternate (pengganti) anda
  3. Sisihkanlah dokumen-dokumen yang penting yang harus diselesaikan dengan dokumen yang itdakpenting, dan dokumen yang penting tersebut seperti dokumen yang harus ditandatangani oleh atasan anda di file tertentu
  4. Berilah pelatihan singkat kepada alternate anda, hal-hal yang harus anda kerjakan. Bila perlu berikan perintah tertulis (biasanya yang berhubungan dengan menu di sistem komputer)
  5. Buatlah berita acara serah terima password dan diketahui oleh atasan anda (biasanya berhubungan dengan transaksi keuangan untuk mencegah resiko Fraud)
  6. Jika ada masalah dengan alternate anda, anda juga bisa mengerjakannya di rumah atau di tempat trainning dengan mendial-up pekerjaaan anda (jika perusahaan anda memiliki fasilitas dial up)
  7. Anda bisa enjoy dan konesntrasi dengan cuti dan trainning anda

Selamat Bekerja semoga bermanfaat





No comments: